LPDPSenin Malam (23/6) saya main ke kosan temen dan ngobrolin tentang beasiswa LPDP sambil buka-buka webnya. Saya di seleksi LPDP sendiri sudah selesai tahap seleksi wawancara pada 17-18 Juni kemarin (untungnya waktunya nggak bentrok ya). Waktu pembukaan seleksi wawancara LPDP kemarin kata Pak Abdul Kahar “LPDP tidak akan menggantung lama-lama status para peserta seleksi, takut galau hahahaha. Jadi kita akan usahakan pengumuman diterima atau tidak secepatnya”. Kata Mba-mba panitia pas seleksi juga gitu “Pengumuman sekitar tanggal 20-an” kalo nggak salah denger.

Pas lihat-lihat webnya Eh, kok ada pengumuman baru. Penetapan Penerima Beasiswa Tahap IV 2014 (itu kan tahap saya daftar). Langsung buru-buru ngunduh file-nya. Ukurannya 4,4 MB kalo ngunduh pake modem biasa ya gitu harus sabar. Nunggu beberapa saat dan kemudian kelar. Langsung buka. Perasaan udah nggak karuan dan jantung udah dag dig dug aja nih. Pas dibuka file pdf-nya, langsung coba search kata temen saya, diketik FAD.. nggak ketemu. Oh iya, ini kan formatnya jpeg (gambar) haha. Makin deg-degan. Scroll ke bawah, cari nama yang pake alfabet M ….. wah, nggak nemu juga. “Yah sepertinya nggak lolos” saya udah bilang gitu dengan nada agak pasrah. Sebenarnya mau menguatkan diri aja. “Lho ini program master Dalam Negeri (DN)” kata temen saya, “Oh iya ya”. Scroll lagi ke bawah dan nyari M dan ketemu tulisan ini :

lpdp-pengumuman

“Alhamdulillah ya Rabb, bentar-bentar ane sujud syukur dulu”. “Selamat, selamat” kata mereka. Mereka langsung printscreen pengumaman itu dengan nama saya di highlight gitu dan dipos di FB. Jadilah saya dapet banyak ucapan selamat sekaligus doa dari sahabat-sahabat di FB. Saya juga langsung nelpon ke rumah untuk ngasih berita baik ini. Rasa-rasanya saya sendiri belum percaya banget, apa benar saya lolos ? serius ? ciyus ? dan seterusnya lah hehehe. Untungnya nggak minta gampar sama temen biar meyakinkan bahwa saat itu bukan mimpi, hahaha. Mungkin berkat banyak doa dari Orang tua dan teman-teman sekalian. Makasih banyak.

Mengenai nama Universitas, sebenarnya saya masih bingung sewaktu pendaftaran karena pertimbangan saya adalah di Univ mana yang ada jurusan yang saya minati dengan riset yang saya mau juga. di Jepang salah satunya ada di Todai. Namun, karena bahasa pengantarnya bukan Inggris, melainkan Jepang maka rasanya tidak mungkin saya akan ke sana dengan LPDP, kecuali beasiswa Monbukagakusho yang mengcover masa belajar bahasa Jepang dan research studentnya. Dan sepertinya saya akan mengajukan pindah universitas nantinya setelah dapat Univ di negara lain yang “pas di hati”.

Setelah diumumkan dan ditetapkan seperti ini biasanya akan ada pemanggilan Program Kepemimpinan (PK) sebelum resmi ditetapkan sebagai awardee LPDP. Saya belum dapet e-mail apa-apa dari panitia malam itu, dan ternyata besok siang baru ada e-mail tentang PK tersebut. Ya, saya memang sepertinya benar lolos seleksi LPDP ini. All praises to Allah