Sampai saat ini sebenarnya baru 3 video (update Okt’16 sudah 6 video dan 1 kali hang out) yang masuk ke NET CJ dan sampai ditayangkan, tapi karena ada beberapa kawan yang lumayan tertarik untuk melakukan hal yang sama, jadi saya tulis hal-hal terkait CJ NET di sini. Untuk memulai menjadi CJ, pertama kali adalah :

  1. Unduh aplikasinya di HP dan buat akun. Apps CJ NET tersedia di iOS maupun Playstore. Sebernarnya bisa juga mengunggah video langsung ke web : http://sg.netcj.co.id/ namun karena basisnya CJ adalah perangkat yang mobile jadi lebih nyaman kalau upload dari HP (menurut pengalaman saya pribadi)
  2. Bagaimana dengan editing ? Editing nyaris tidak butuh. Cukup dengan menggabung beberapa shot saja yang sekuensial dari yang paling umum sampai paling khusus, lebih baik jika dibubuhkan narasi yang sesuai saat mengunggah nanti. Hal ini akan memudahkan redaksi NET CJ untuk mengolah videonya. Bagaimana soal dubbing atau isi suara ? semuanya dilakukan oleh redaksi, bahkan kadang beberapa shot yang tidak perlu juga akan dipotong
  3. Berapa lama durasi videonya ? Karena umumnya yang ditanyangkan berdurasi sekitar 1-2 menit (paling banyak 1 menit) jadi ungah video yang lebih dari itu karena mungkin ada yang akan dipotong, tidak semuanya masuk.
  4. Tampil di WEB dan di TV apa bedanya ? Mungkin ini akan sedikit membingungkan bagi yang baru bergabung, berikut bedanya. Tentu tidak semua video yang diunggah ke NET CJ akan disetujui/ approved. Prosesnya adalah seperti ini, ketika selesai mengunggah video, video akan terlihat di kolom “DRAFT” dengan judul dan gambal display yang kita pilih, status video itu adalah “waiting for approval“. Setelah dilakukan pengecekan konten oleh redaksi, mungkin saja video tersebut akan naik status menjadi “waiting for publish“. Setelah beberapa saat (hari mungkin), akan ada notifikasi via email bahwa video telah dipublikasi / “published“. Video yang dipublikasi sudah mengalami proses editing dari pihak redaksi jadi bisa saja berbeda dengan yang kita unggah. Begitu juga dengan judulnya, akan dibuat lebih catchy oleh tim redaksinya. Jika hanya ditampilkan di WEB, maka nasib video sudah selesai, artinya video tersebut tidak sampai tayang dan dibayar. Tapi, jika berhasil ditayangkan akan ada notifikasi via email seperti berikut :
net cj.PNG
Notifikasi via email dari NET CJ

 

Bagaimana cara melihat video yang tayang ? Setiap harinya NET akan mengunggah setiap video yang tampil di akun youtube mereka : OfficialNETNews. Silakan temukan video NET CJ-mu yang berhasil tayang disana jika tidak bisa melihatnya secara langsung. Selain itu, notifikasi lainnya tentang videomu juga bisa dilihat di twitter @NET_CJ. Mereka akan nge-twit gambar display videomu dan juga menyebutkan nama kontributornya. (NB : featured image diatas adalah gambar video saya yang ke-2, tayang yang ke 2 kalinya, hoho)

Terkait besar honor dan lainnya sudah pernah saya tulis di tulisan sebelumnya, silakan : Semangat Citizen Jurnalist Reborn!

Tentang diwawancara di Hang Out NET 10 juga bisa diakses di sini Ngehang out di NET10

Jika videomu tidak tampil, jangan bersedih. Member NET CJ ada 90.000 orang lebih lho, jadi memang lumayan juga saingannya. Tetap semangat dan tetap berkarya. Iseng-iseng lumayan, hehe. Selamat berkarya !!